Selasa, 01 Juni 2010

Pemerintah Diminta Lakukan Akselerasi Kesehatan

Jogjakarta(KR) - Anggota Komisi IX DPR RI Zuber Safawi mendesak pemerintah untuk melakukan akselerasi pembangunan di bidang kesehatan, sebagai persiapan pelaksanaan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Pemerintah juga diingatkan agar segera membangun fasilitas kesehatan di daerah pedesaan.

Zuber Syafawi mengatakan hal ini kepada KR di Semarang Sabtu (29/5), terkait dengan kebijakan pemerintah yang akan menggunakan program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) untuk menjamin kesehatan masyarakat yang kurang mampu. Zuber Syafawi berharap pemerintah melakukan percepatan pemerataan distribusi tenaga kesehatan dan perbaikan manajeman pengelolaan fasilitas kesehatan, sehingga program SJSN bisa dilaksanakan secara adil.

Menurut Zuber, akselerasi bidang kesehatan mutlak dibutuhkan, karena jika tidak dilakukan akselerasi dikhawatirkan yang menikmati program SJSN hanya sebagian masyarakat saja, utamanya masyarakat di kota yang sudah memiliki fasilitas kesehatan. Sedangkan masyarakat yang berada di pedesaan akan sulit menikmati jaminan yang diselenggarakan pemerintah, karena kesulitan untuk bisa mengakses fasilitas kesehatan yang ada.

“Masih jarangnya pos pelayanan kesehatan ditambah distribusi tenaga kesehatan yang tidak merata, akan membuat warga di pedesaan merasa dianaktirikan. Banyak pos pelayanan kesehatan di pedesaan tak bisa memberikan pelayanan secara optimal karena kurangnya tenaga kesehatan dan fasilitas pendukung,” tutur Zuber.

Kendala tersebut menurut Zuber dari FPKS DPR RI ini, masih ditambah lemahnya manajemen pengelolaan, dan tingkat kedisiplinan petugas kesehatan di pedesaan yang masih rendah. Hal ini bisa dilihat dari seringnya dijumpai tenaga kesehatan yang datang terlambat sehingga menyebabkan antrean pasien yang panjang.

“Saat ini komisi IX DPR RI dan Pemerintah sedang membahas pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai tindaklanjut dari amanat UU Nomor 40/2004 tentang SJSN. Diharapkan saat UU BPJS terbentuk, pemerintah sudah siap dengan fasilitas pelayanan dan SDM kesehatan yang merata," tegas Zuber Syafawi.

Kedaulatan Rakyat Minggu 30 Mei 2010