Selasa, 11 Maret 2008

Penderita Gizi Buruk di Indonesia Capai 8%


DEPARTEMEN Kesehatan (Depkes) memprediksi penderita gizi buruk di lndonesia mencapai angka 8 % dari jumlah bayi yang ada. Angka ini lebih baik dari standar yang ditetapkan World HealthQrganization (WHO) sebesar 10% dari jumlah bayi di setiap negara.

"Penderita gizi buruk di Indonesia masih di bawah standar yang ditetapkan WHO. Tentu saja kita terus lakukan perbaikan, " kata menteri Kesehatan (Menkes) Siti fadilah Supari di Jakarta kemarin.
Menkes menjelaskan , 8% penderita gizi buruk itu termasuk dalam jumlah penderita gizi kurang yang angkanya mencapai 4,1 juta bayi. "Kalau gizi kurang angkanya sekitar 20%, gizi buruknya termasuk didalam itu," tandasnya.

Dihubungi terpisah, anggota Komisi IX DPR Zuber Safawi menuturkan, salah satu kendala yang dihadapi pemerintah dalam merealisasikan program penanganan penderita gizi buruk adalah pelaksanaan otonomi daerah yang belum sehat. Akibatnya tingkat kemandirian tiap daerah belum berjalan sempurna. "Ditambah lagi koordinasi pusat dan daerah belum sepenuhnya berjalan baik." ujar Zuber kepada SINDO tadi malam. Politikus PKS itu mengatakan, untuk menyelesaikan persoalan gizi buruk tersebut, pemerintah harus lebih fokus pada tataran perencanaan dan kontrol terhadap rencana yang sudah dibuat. (rd kandi)

Sumber: Seputar Indonesia SENIN 10 MARET 2008