Senin, 31 Maret 2008

Depkes Segera Angkat 3.000 Pegawai Tidak Tetap

DEPARTEMEN Kesehatan (Depkes) menyatakan akan mengangkat sekitar 3.000 tenaga kesehatan sebagai pegawai tidak tetap (PTT) pada 2008. Rencananya mereka akan ditempatkan pada sejumlah daerah di kawasan Nusantara. " Pengangkatan tenaga PTT ini dilakukan secara periodik," kata Kepala Biro Kepegawaian Depkes Mustikowati di Jakarta kemarin.

Menurut dia, selain mengangkat tenaga PTT, Depkes juga telah mempersiapkan pengangkatan sejumlah bidan desa. Hal itu untuk menunjang program Desa Siaga yang telah menjadi program nasional. Rencananya para bidan ini akan ditempatkan di daerah terpencil.

Berdasarkan data Depkes, hingga Desember 2007, Depkes sudah mengangkat sekitar 82.000 bidan dan 41.000 bidan yang masih aktif di lapangan.

Menanggapi rencana itu, DPR mengusulkan agar pengangkatan PT lebih difokuskan pada tenaga bidan desa. Sebab, berdasarkan hasil kunjungan kerja dewan sejumlah daerah, terutama kawasan timur Indonesia, masih sangat minim." Kami minta fokus penempatan bidan desa," kata anggota Komisi IX DPR Zuber Safawi.(susi)

Sumber: Koran Seputar Indonesia - 12 Maret 2008